10 Manga Terlaris Sepanjang Masa

one piece logo
Manga adalah komik yang dibuat di Jepang oleh pengarang komik dari Jepang dalam bahasa Jepang, sesuai dengan gaya yang dikembangkan di Jepang pada akhir abad ke-19. Manga memiliki sejarah yang panjang dan kompleks dalam seni Jepang.

Berikut 10 judul manga terlaris sepanjang sejarah:

10. Astro Boy

Astro Boy adalah seri manga Jepang yang ditulis dan diilustrasikan oleh Osamu Tezuka dari tahun 1952 sampai 1968. Cerita fokus pada petualangan robot bernama Astro Boy dan karakter lainnya.

Komik dan anime Astro Boy pernah hadir di Indonesia beberapa tahun silam. Terhitung penjualannya mencapai 100 juta komik.

Penerbit: Kobunsha/Kodansha
Jumlah volume: 23
Rilis: 1952–1968

9. Slam Dunk

Slam Dunk adalah seri manga bertema bola basket yang ditulis dan diilustrasikan oleh Takehiko Inoue tentang tim basket SMA Shohoku. Pengaruh manga ini sangat besar bagi perkembangan dunia basket kalangan muda di Jepang, sehingga laku keras dan terjual hingga 120 juta komik.

Penerbit: Shueisha (Jepang), Elex Media Komputindo dan Level Comics (Indonesia)
Jumlah volume: 31
Rilis: 1990–1996

8. Oishinbo


Penerbit: Shogakukan
Jumlah volume: 110
Rilis: 1983-Sekarang

7. Detective Conan

Detective Conan (lebih dikenal dengan Case Closed di negara barat) adalah serial manga detektif Jepang yang ditulis dan diilustrasikan oleh Aoyama Gosho. Detective Conan bercerita tentang Shinichi Kudo, seorang detektif amatir yang berubah menjadi seorang anak sementara menyelidiki Organisasi Jubah Hitam.

Penjualan Detective Conan mencapai 140 juta komik hingga saat ini.

Penerbit: Shogakukan (Jepang), Elex Media Komputindo (Indonesia)
Jumlah volume: 85
Rilis: 1994-Sekarang

6. Kochira Katsushika-ku Kameari Kōen-mae Hashutsujo


Penerbit: Shueisha
Jumlah volume: 192
Rilis: 1976-Sekarang

5. Black Jack


Penerbit: Akita Shoten
Jumlah volume: 17
Rilis: 1973–1983

4. Golgo 13


Penerbit: Shogakukan
Jumlah volume: 174
Rilis: 1969-Sekarang

3. Naruto

Naruto tak asing di telinga penggemar manga dan anime di Indoneisa. Komiknya laris di toko buku hingga pelosok nusantara dan anime-nya diputar di televisi swasta nasional hingga saat ini. Manga karya Masashi Kishimoto ini terjual lebih dari 205 juta komik.

Penerbit: Shueisha (Jepang), Elex Media Komputindo (Indonesia)
Jumlah volume: 72
Rilis: 1999-2014

2. Dragon Ball

Komik Dragon Ball tak lekang ditelan zaman meskipun telah tamat dua dekade yang lalu. Petualangan Goku dan teman-temannya mencari Dragon Ball dan menyelamatkan alam jagat raya ini digambarkan dengan sangat unik dan menghibur oleh Akira Toriyama. Dragon Ball laris dipasaran hingga 230 juta komik ludes.

Penerbit: Shueisha (Jepang), Elex Media Komputindo (Indonesia)
Jumlah volume: 42
Rilis: 1984-1995

1. One Piece

Manga ini bercerita tentang ambisi Luffy dan kru bajak laut yang dipimpinnya mengarungi lautan mencari harta karun utama di dunia yang dikenal sebagai "One Piece". Setiap anggota kelompok bajak laut topi jerami memiliki cita-cita sendiri, Luffy ingin menjadi Raja Bajak Laut berikutnya.

Karya maestro Eichiro Oda ini disukai oleh banyak orang di berbagai belahan dunia dan berbagai generasi. Tak heran jika penjualannya melebihi 345 juta komik dalam kurun waktu 16 tahun.

Penerbit: Shueisha (Jepang), Elex Media Komputindo (Indonesia)
Jumlah volume: 76
Rilis: 1997-Sekarang

Sumber: Anime News Network

Komentar