Fakta-Fakta Mencengangkan Tentang Bumi

bumi-earth-photography
Bumi adalah planet ketiga dari Matahari dan merupakan yang terbesar dari planet terestrial. Berbeda dengan planet lain di tata surya yang diberi nama berdasarkan dewa klasik, nama Bumi berasal dari kata Erda dalam bahasa Anglo-Saxon yang berarti tanah. Bumi terbentuk sekitar 4,54 milyar tahun yang lalu dan merupakan satu-satunya planet yang dikenal dapat mendukung kehidupan.

Profil Bumi

Massa: 5.972.190.000.000.000 miliar kg
Equatorial Diameter: 12.756 km
Diameter Polar: 12.714 km
Equatorial Lingkar: 40.030 km
Satelit yang Dikenal: 1
Satelit Terkemuka: Bulan
Jarak Orbit: 149.598.262 km ( 1 AU )
Periode Orbit: 365,26 hari Bumi
Suhu Permukaan: -88 sampai 58 ° C

Perbandingan Ukuran Bumi dengan Bulan

ukuran-bumi-dan-bulan


Dan fakta-fakta mencengangkan seputar bumi tempat dimana kita tinggal telah kami rangkum berikut ini...

  • Rotasi bumi secara bertahap melambat:
Perlambatan ini terjadi hampir tak kentara, sekitar 17 milidetik per seratus tahun, meskipun tingkat di mana itu terjadi tidak sempurna seragam . Hal ini memiliki efek memperpanjang hari-hari yang kita lalui, tapi itu terjadi sangat lambat sehingga kemungkinan dibutuhkan waktu sekitar 140 juta tahun ketika bumi berotasi selama 25 jam.

  • Bumi pernah diyakini sebagai pusat alam semesta
Karena gerakan jelas matahari dan planet-planet dalam kaitannya dengan sudut pandang mereka, para ilmuwan kuno bersikeras bahwa Bumi tetap statis, sementara benda langit lainnya bergerak mengelilingi orbit. Akhirnya, pandangan bahwa Matahari adalah pusat dari alam semesta didalilkan oleh Nicolaus Copernicus dan ini akhirnya terbukti secara ilmiah.

  • Bumi memiliki medan magnet yang kuat
Fenomena ini disebabkan oleh inti nikel yang ada di planet ini, ditambah dengan rotasi yang cepat. Bidang ini melindungi bumi dari efek angin matahari.

  • Hanya ada satu satelit alami Bumi planet
Sebagai persentase dari ukuran tubuh mengorbit, bulan adalah satelit terbesar dari planet manapun di tata surya kita.

  • Bumi adalah satu-satunya planet tidak diambil dari nama dewa
Tujuh planet lain di tata surya kita semua diambil dari nama dewa atau dewi Romawi . Meski hanya Merkurius, Venus, Mars, Jupiter dan Saturnus yang bernama selama zaman kuno  karena mereka terlihat dengan mata telanjang, penamaan planet berdasarkan metode Romawi dipertahankan setelah penemuan Uranus dan Neptunus.

  • Dari semua planet di tata surya kita, Bumi memiliki kerapatan terbesar
Hal ini bervariasi sesuai dengan bagian dari planet ini, misalnya , inti logam lebih padat daripada kerak. Kepadatan rata-rata bumi adalah sekitar 5,52 gram per sentimeter kubik .

  • 70 % Dari permukaan bumi tertutup air
Ketika astronot pertama kali pergi ke luar angkasa, mereka melihat bumi dengan mata manusia untuk pertama kalinya. Dan itu tidak mengherankan. 70 % dari planet kita ditutupi dengan lautan. Sisanya 30 % adalah tanah padat, yang berada di atas permukaan laut

  • Bumi sebagian besar besi , oksigen dan silikon
Jika Anda bisa memisahkan bumi keluar ke tumpukan material, Anda akan mendapatkan 32,1 % besi, 30,1 % oksigen, 15,1 % silikon, dan 13,9 % magnesium. Tentu saja, sebagian besar dari besi ini sebenarnya turun di inti Bumi.
  • Bumi tidak berputar pada porosnya selama 24 jam
Lebih tepatnya 23 jam, 56 menit, dan 4 detik. Ini adalah jumlah waktu yang dibutuhkan bagi Bumi untuk benar-benar berputar di sekitar porosnya, astronom menyebutnya hari sidereal. Berarti ada waktu 4 menit yang sebenarnya tidak terhitung sebagai waktu rotasi.

  • Satu tahun di Bumi tidak 365 hari
Ini sebenarnya 365.2564 hari . Hal ini ekstra 0,2564 hari yang menciptakan kebutuhan untuk tahun kabisat ..

  • Bumi memiliki 1 bulan dan 2 satelit co - orbital
Seperti Anda mungkin menyadari, Bumi memiliki 1 bulan. Tapi apakah Anda tahu ada 2 asteroid tambahan terkunci ke dalam orbit co-orbital dengan Bumi? Mereka disebut 3753 Cruithne dan 2002 AA29.

3753 Cruithne berdiameter 5 kilometer, dan kadang-kadang disebut bulan kedua Bumi. Sebenarnya asteroid ini tidak mengorbit Bumi, namun memiliki orbit sinkron dengan planet rumah kita. Orbit yang dimiliki 3753 Cruithne membuatnya terlihat seakan mengikuti Bumi dalam orbit, tapi itu benar-benar mengikuti.

2002 AA29 hanya berdiameter 60 meter, dan membuat orbit tapal kuda mengelilingi bumi yang membawa dekat dengan planet setiap 95 tahun. Pada sekitar 600 tahun , maka akan muncul lingkaran Bumi dalam orbit kuasi - satelit.

  • Bumi adalah tidak benar-benar berbentuk bulat , bahkan itu adalah geoid
Jadi apa yang menyebabkan bentuk geoid ini? Hal ini terjadi semata-mata karena rotasi bumi yang menyebabkan tonjolan di sekitar khatulistiwa.

  • Hanya 3 % air dari bumi segar , sisanya 97 % asin
Dari jumlah itu 3 % , lebih dari 2 % dibekukan dalam es dan gletser. Berarti air tawar kurang dari 1 % yang ditemukan di danau, sungai, dan bawah tanah .

  • Bumi miring pada sekitar 66 derajat.

  • Benua Asia mencakup 30 % dari total luas lahan bumi dan mewakili 60 % dari populasi dunia.

  • Setiap musim dingin ada sekitar 1 septillion (1.000.000.000.000.000.000.000.000 atau triliun triliun) kristal salju yang turun dari langit.

Komentar