10 Manfaat Menakjubkan Minyak Zaitun (Olive Oil)

10-manfaat-dibalik-minyak-zaitun-olive-oil
Minyak zaitun atau olive oil adalah minyak yang diperoleh dari buah zaitun, pohon tradisional dari basin Mediterania. Minyak ini dapat digunakan untuk memasak, bahan kosmetik, obat herbal, dan juga sebagai bahan bakar untuk lampu minyak. Minyak zaitun juga terbukti ampuh menjaga kadar kolesterol dan aman dikonsumsi bagi orang-orang yang sedang menjalani diet sekalipun.

Ingin tahu lebih banyak manfaat yang terkandung di dalam minyak zaitun, berikut bahasan selengkapnya:

10. Meredakan Tenggorokan

Minyak zaitun adalah tonik terbaik untuk meredakan tenggorokan. Terbukti banyak penyanyi terkenal yang menggunakan minyak zaitun untuk memberikan efek lembut di tenggorokan dan menjaga kualitas suara. Tidak hanya membantu meredakan tenggorokan, minyak zaitun juga dapat membantu mencegah masalah mendengkur.

9. Penggunaan untuk Rumah Tangga

Minyak zaitun dapat digunakan untuk memoles berbagai perabotan rumah tangga, menghapus bekas cat di bagian tubuh, dan menghapus bekas permen karet pada permukaan apapun. Minyak zaitun juga dapat digunakan sebagai semir sepatu untuk memberikan efek berkilau.

8. Membunuh sel kanker

Kanker adalah salah satu penyakit paling mengerikan yang memiliki banyak penderita di berbagai penjuru dunia. Minyak zaitun terbukti mengandung antioksidan dan berbagai macam vitamin alami yang dapat menekan serta membunuh sel kanker. Antioksidan dalam minyak zaitun juga sangat sedikit memproduksi prostaglandin, yang menjadi penyebab utama tumbuhnya tumor.

7. Pemeliharaan Tulang

Minyak zaitun kaya akan kalsium sehingga membantu dalam pemeliharaan tulang serta bagian tubuh lainnya. Hal ini terutama digunakan untuk pengobatan berbagai gangguan sendi dan tulang seperti osteoporosis, osteoarthritis dan rheumatoid. Jumlah penggunaan harian yang tepat dapat mengubah gaya hidup seseorang menjadi lebih yang baik dan sehat.

6. Minyak Pijat

Minyak zaitun merupakan minyak yang sangat populer digunakan di banyak salon dan rumah panti pijat. Keampuhannya bukan hanya sampai disini saja, bahkan minyak zaitun dapat mengurangi stres berlebih serta membantu meningkatkan kualitas tidur menjadi lebih baik.

5. Meningkatkan Memori Otak

Minyak zaitun juga berkhasiat menjaga ingatan jika digunakan sesuai asupan harian yang tepat. Orang yang mengonsumsi minyak zaitun secara teratur lebih kecil kemungkinannya menderita alzheimer, bahkan pada usia senja sekalipun.

4. Perawatan Kulit

Minyak zaitun banyak digunakan terutama oleh kaum wanita karena keampuhannya menjaga kulit lebih halus, indah, dan tetap kencang. Selain itu, minyak zaitun juga dapat membantu mengurangi jerawat secara alami, memberikan cahaya berkilau pada kulit, serta tobik untuk mencegah penuaan dini.

3. Sistem Pencernaan Lebih Sehat

Manfaat lainnya dalam mengkonsumsi minyak zaitun adalah membantu sistem pencernaan agar lebih sehat, yaitu mengurangi rasa lapar dan merangsang sintesis garam empedu di hati dan membuang kolesterol jahat dalam jumlah yang besar.

2. Perawatan Rambut

Minyak zaitun mengandung banyak sekali vitamin alami yang mampu memberikan nutrisi pada rambut. Penggunaan dalam jangka waktu tertentu dapat membuat rambut lebih bersinar dan lembab, serta membunuh kutu-kutu jahat.

1. Sehat untuk Penderita Jantung dan Diabetes

Minyak zaitun terbukti dapat mempertahankan elastisitas arteri yang dapat menurunkan risiko penyumbatan arteri koroner yang menjadi penyebab utama penyakit jantung koroner yang mematikan. Selain itu, minyak zaitun juga dapat mengurangi lipoprotein dan menyetabilkan kadar gula dalam darah.

Sumber: health.about.com

Komentar